Pages

Selasa, 25 Maret 2014

Apa itu Statistik/Statistika dan apa Ciri-ciri Statistik ?

        Assalamualaikum wr.wb.
Bagi para pembaca yang sedang mendalami ilmu statistika tentulah penting untuk mengetahui dan mengenal aa sebenarnya yang ada dalam statistika itu. Nah,statistika merupakan ilmu yan membahas tentang statistik. Untuk mengetahui apa itu statistik,silahkan baca penjelasan artikel dibawah ini ya.....
       Secara etimologis kata statistik berasal dari kata status (bahasa Latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa Inggris) atau kata staat (bahasa Belanda), dan yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi negara.  
         Pada awalnya statistik  hanya berkaitan dengan sekumpulan angka mengenai penduduk suatu daerah atau negara dan pendapatan masyarakat. Termasuk pula, kumpulan angka yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam menyelesaikan beberapa masalah.
Menurut Sudjana (1996) statistik adalah kumpulan data, bilangan maupun non-bilangan yang disusun dalam tabel dan atau diagram, yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan
Statistik merupakan suatu metode, teknik, atau cara mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan atau menginterpretasikan data

Berikut adalah ciri-ciri dari statistik :
Menurut Anas Sudijono (2004), ciri statistika  yaitu:
a.Statistika selalu bekerja dengan angka atau bilangan (data kuantitatif). Dengan kata lain, untuk dapat melaksanakan tugasnya statistikmemerlukan bahan keterangan yang sifatnya kuantitatif.
Contoh: Pandai, Cukup, Kurang merupakan bahan keterangan yang bersifat kualitatif mengenai prestasi belajar siswa. Untuk dapat dianalisis secara statistik, data kualitatif tersebut harus dikonversikan menjadi data kuantitatif; misalnya: yang disebut siswa pandai adalah mereka yang nilainya 80-100, cukup= 60-79, kurang= 30-59.


b.Statistika bersifat bersifat objektif, artinya statistik selalu bekerja menurut objeknya atau bekerja menurut apa adanya. Kesimpulan yang dihasilkan dan ramalan yang dikemukakan didasarkan data angka yang dihadapi atau diolah, dan bukan berdasarkan pada subjektivitas atau pengaruh luar lainnya.
c.Statistika bersifat universal. Artinya ruang lingkup dan bidang garapan statistik tidaklah sempit dan dapat digunakan dalam hampir semua cabang kegiatan hidup manusia.

 Sekian dulu pembahasan tentang statistik dan ciri-cirinya,semoga bermanfaat,,,,,

0 komentar:

Posting Komentar