Pages

Selasa, 11 Februari 2014

Contoh Penerapan Sistem Basis Data



Pengamatan Penggunaan system data base (basis data) pada Toko Buku Gramedia Pekanbaru.
            Basis data diartikan sebagai kumpulan data yang disusun secara terorganisir agar dapat dimanfaatkan dengan lebih efisien dan mudah.
            Setiap perusahaan,tempat-tempat umum,dan instansi- instansi pemerintahan telah menggunakan database (basis data) dalam mengatur dan menyimpan informasi terkait perusahaannya sesuai kebutuhannya. Sistem database begitu membantu dalam proses penyimpanan dan penyusunan data sehingga dapat mudah di ambil atau diakses apabila diperlukan.
            Toko buku Gramedia Pekanbaru salah satu tempat yang menggunakan system basis data dalam mengoperasian tokonya. Data base yang ada pada took ini tentulah yang menyangkut tentang ketersediaan,lokasi,harga,serta informasi mengenai semua buku yang ada dalam tokonya.
            Dengan begitu banyak buku yang terbit setiap bulannya,tentulah took ini terus melakukan pembaharuan informasi data koleksi bukunya. Sistim database sangatlah berguna disini,karena setiap data yang diperbaharui atau bahkan dihapus,akan memberikan informasi lebih cepat kepada pengunjung.
-           Sistim pencarian
Gramedia menyediakan beberapa computer ditengah-tengah rak buku yang ada. Tujuan disediakannya computer ini adalah untuk membantu pengunjung dalam proses mencari info buku yang di inginkannya. Proses pencarian pada computer ini terbagi menjadi beberapa kategori seperti berdasarkan judul buku,pengarang buku,penerbil buku,dan keterangan umum buku.
Ketika seorang pengunjung ingin langsung menemukan buku yang dicarinya,ia bias mencarinya dengan computer ini,jika kita mengetikkan judul buku,maka computer akan mengakses ke database yang ada dan mencocokkan judul-judul buku yang ada dengan judul yang diketikkan oleh pegunjung,begitu juga yang dilakukan oleh computer terhadap database yang ada jika seseorang mencari berdasarkan kategori nama pengarang,ataupun nama penerbit.
            Hasil yang ditampilkan ke computer adalah berupa judul,penerbit ataupun pengarang buku lengkap dengan lokasi tempat buku itu berada seperti nomor raknya atau kawasan kategori bukunya serta stok buku yang ada. Pengunjung dapat langsung menuju ke bagian rak yang diberikan dan menemukan bukunya. Jika stok buku yang ditampilkan 0 atau 1,maka berarti pengunjung tidak dapat membeli buku itu karena sedang kosong atau hanya ada buku samplenya.
-          Sistem Pembayaran
Selain dta tentang buku digunakan untuk menunjukkan lokasi buku,Sisten database juga digunakan untuk proses pembayaran. Pada data buku,termasuk pula harga buku tersebut. Sehingga ketika barcode buku di scan,maka computer akan mencocokkan kode buku dengan data-data buku yang ada,dan kemudian menampilkan harganya. Setelah itu,barulah buku bias dibayar.
            Sistim computer pencarian ataupun pembayaran,sama-sama mengakses data yang sama yaitu data-data buku yang tersedia dalam sistim database. Pembaharuan setiap kali buku dibeli,akan mengurang stok buku yang ada ketika dicari. Kedua  sistim ini saling terkait,sehingga pergerakannya sejalan dan lebih efisien. Pengurangan jumlah judul buku,atau penambahan buku yang baru terbitpun dapat dilakukan dengan mudah,hanya dengan menambahkan data buku kedalam sistim database yang ada.Hal ini sangat berguna dan memudahkan pekerjaan manusia.

0 komentar:

Posting Komentar