Pages

Senin, 10 Februari 2014

Apa itu Media penyimpanan / Storage ?

          Berbagai macam data baik yang akan maupun yang sudah diolah oleh komputer perlu disimpan dalam suatu media tertentu. Karena sifat penyimpanannya yang jangka panjang, maka diperlukan media yang dapat menyimpan data secara permanen (non volatile). Secara prinsip media penyimpan dapat dikategorikan sebagai memori. Karena sifatnya untuk penyimpanan jangka panjang dan umunya tidak digunakan secara langsung pada saat pengolahan data, maka memori media penyimpan ini disebut juga sebagai memori sekunder. 


         Seiring dengan perkembangan kebutuhan media penyimpan dalam jumlah besar dan lalu lintas data yang kompleks, maka berkembang pula teknologi media penyimpan data ini. Melalui bab ini akan dibahas teknologi media penyimpan atau yang dikenal dengan istilah storage. Istilah storage akan digunakan sebagai pengganti istilah media penyimpan karena lebih umum digunakan.


           KONSEP STORAGE
          Untuk menyimpan data baik dalam jangka waktu pendek maupun dalam waktu yang panjang dibutuhkan suatu media untuk melakukannya. Dalam hal ini dibutuhkan suatu media yang disebut dengan media penyimpanan atau storage. Struktur disk merupakan suatu hal yang penting bagi penyimpanan informasi. Sistem modern menggunakan disk sebagai media penyimpanan sekunder. Dulu, pita yang memiliki waktu akses lebih lambat dari pada disk, digunakan sebagai media penyimpanan sekunder. 


      Setelah disk banyak digunakan, tape cenderung digunakan untuk back-up, untuk menyimpan informasi yang tidak sering digunakan, sebagai media untuk memindahkan informasi dari satu sistem ke sistem lain, dan untuk menyimpan data yang cukup besar bagi sistem disk. 

0 komentar:

Posting Komentar