Pages

Minggu, 01 Juni 2014

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan area jangkauannya



2.2. Jenis – Jenis Jaringan Komputer
Jenis – jenis jaringan computer terbagi 2 :
2.2.1 Dilihat dari Jangkauan Jaringan Komputer Terbagi

A. PAN (Personal Area Network)

        PAN adalah jenis jaringan computer yang menghubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. contohnya menghubungkan hp dengan komputer.
B.  LAN (Lokal Area Network)

LAN (Local Area Network) merupakan salah satu contoh sederhana  jaringan komputer. LAN dapat kita kita temui dan sering dijumpai diterapkan pada jaringan komputer di warnet-warnet, kampus, sekolah ataupun perkantoran yang membutuhkan hubungan atau koneksi antara dua komputer atau lebih dalam suatu ruangan.
C. MAN (Metropolitan Area Network)

      MAN adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. Sebenarnya jaringan MAN ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 - 50 kilo meter lebih besar dari jangkauan LAN

D. WAN (Wide Area Network)


      WAN (Wide Area Network) adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area geografis yang cukup besar dibandingkan jaring-jaringan lainnya. Salah satu contohnya adalah jaringan yang menghubungkan suatu wilayah atau suatu negara dengan negara lainnya. Bahkan jaringan berbasis WAN ini dapat menghubungkan jaringan komputer antar benua.

E.  SAN (Storage Area Network)

      SAN (Storage Area Network) adalah sebuah jaringan yang bertindak sebagai jalur transfer data antara sistem komputer dan elemen penyimpanan data (storage). Sebuah SAN terdiri dari infrastruktur komunikasi yang menyediakan koneksi fisik dan lapisan manajemen yang mengatur koneksi, unsur-unsur storage, dan sistem komputer sehingga transfer data dapat  jauh lebih aman dan lebih kuat.
      Sebuah SAN juga dapat menjadi sistem penyimpanan yang terdiri dari perangkat penyimpanan, sistem komputer, peralatan network, dan perangkat-perangkat lunak lainnya yang berkomunikasi melalui jaringan.
      SAN bisa juga dianggap sebagai perpanjangan dari konsep bus storage, yang memungkinkan perangkat penyimpanan (storage) dan server untuk saling berhubungan melalui elemen-elemen seperti pada jaringan area lokal (LAN) dan jaringan berarea luas (WAN).
      Jaringan berbasis SAN dapat dibagi antar server atau didedikasikan untuk satu server. Wilayah cakupannya dapat berskala lokal, atau dapat diperpanjang sesuai jarak geografis.

0 komentar:

Posting Komentar