Pages

Minggu, 08 Desember 2013

Strategi Pembelajaran Berbasis E-Learning dan Keuntungannya



Assalamualaikum wr. Wb
Pada artikel saya yang berikut ini,saya akan sedikit menjelaskan apa itu e-learning dan strategi pembelajaran apa yang bisa diterapkan pada pembelajaran berbasis e-learning menurut beberapa ahli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi artikel terbaik untuk lomba yang sedang saya ikuti, Amin...
Selamat Membaca!!!!!!!!


           Di era perkembangan teknologi yang sekarang sedang berkembang dengan pesatnya tentulah setiap orang sudah tidak asing dengan kata internet.Internet sendiri diartikan sebagai media yang dapat menghubungkan banyak orang dengan keterbatasan fisik untuk bertemu dan bertukar informasi(berinteraksi). Seringkali jarak yang menjadi penghalang terbesar seseorang untuk memperoleh informasi dari sumber yang di inginkannya.

          Semenjak teknologi informasi berkembang,tidak ada lagi yang menjadi penghalang seseorang untuk mengeksplorasikan dirinya,megetahui tentang penjuru dunia,dan mendapatkan kebutuhannya. Perkembangan jaman juga menuntut kualitas manusia yang harus terus berinovasi. Dari hal yang mendasar ini maka setiap orang terus mencari pengembangan yang akan bermanfaat bagi manusia.

          Mengingat pentingnya pendidikan,maka pada akhirnya manusia telah menemukan metode pendidikan dengan pemanfaatan jaringan internet yang kita kenal sekarang dengan sebutan e-learning(Elektronik Learning).E-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.[ Glossary, 2001 ]

          Konsep utama e-learning adalah memberikan pengajaran dengan sarana media eletronik. E-learning ada yang diselenggarakan secara formal maupun informal.

           E-learning yang bersifat formal memiliki system seperti sekolah formal yang memiliki kurikulum, silabus,serta ujian. Contoh penerapan e-learning formal ini adalah CML atau Computer Mediated Learning adalah salah satu Learning Management System (LMS) dan SCELE (Student Centered E-Learning Environment) yang ada di Universitas Indonesia. Sedangkan e-learning yang bersifat informal biasanya dilakukan dengan media informasi berbasis internet seperti  mailing list, e-newsletter atau website pribadi.

        E-learning secara formal tentulah disampaikan dari pemdidik kepada peserta didik. Untuk itu setiap pendidik perlu memiliki keterampilan tambahan jika ia menggunakan fasilitas e-learning ini,diantaranya :

-     Mengetahui dan memahami tentang e-learning

-     Mengidentifikasi karakteristik peserta didiknya

-     Memperbaharui materi yang akan disampaikan sesuai dengan perkembangan ilmu pada saat itu dan mengemasnya kedalam bentuk yang menarik dan simple

-     Mempelajari strategi mengajar dengan media elektronik

-     Terlibat dalam perencanaan,pengembangan dan pengambilan keputusan dalam proses e-learning

-     Melakukan evaluasi hasil pembelajaran dan mengukur tingkat kesuksesan penyampaian materi.

         Strategi pengajaran yang dapat diterapkan dengan menggunakan teknologi e-learning menurut Koswara(2006) adalah sebagai berikut :

    1. Learning by doing. Simulasi belajar dengan melakukan apa yang hendak dipelajari;
    2. Incidental learning. Mempelajari sesuatu secara tidak langsung. Misalnya mempelajari geografi dengan cara melakukan “perjalanan maya” ke daerah-daerah wisata.
    3.   Learning by reflection. Mempelajari sesuatu dengan mengembangkan ide/gagasan tentang subyek yang hendak dipelajari.
    4.  Case-based learning. Mempelajari sesuatu berdasarkan kasus-kasus yang telah terjadi mengenai subyek yang hendak dipelajari. Suatu materi dipelajari dengan cara menyerap informasi dari nara sumber ahli tentang kasus-kasus yang telah terjadi atas materi tersebut.
    5.   Learning by exploring. Mempelajari sesuatu dengan cara melakukan eksplorasi terhadap subyek yang hendak dipelajari. Mahasiswa diposisikan dalam sebagai seseorang yang harus mencapai tujuan/sasaran dan aplikasi menyediakan fasilitas yang diperlukan dalam melakukan hal tersebut. Mahasiswa kemudian menyusun strategi mandiri untuk mencapai tujuan tersebut.

      Pembelajaran berbasis e-learning memiliki beberapa keuntungan,diantaranya :

1.    Menghemat waktu proses belajar mengajar

2.    Mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk perjalanan

3.    Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan seperti infrastruktur, peralatan, dan  buku-buku

4.    Jangkauan wilayah yang lebih luas

5.     Melatih kemandirian pelajar dalam mengembangkan bahan

6.    Menambah pengetahuan penggunaan teknologi kepada pelajar.

          Metode pembelajaran berbasis e-learning akan sangat membantu manusia untuk mendapatkan pendidikan dan pengetahuan yang dibutuhkannya. Apabila strategi e-learning ini berhasil diterapkan,maka kita semua akan mendapatkan manfaat dan keuntungan dari e-learning.
         Terimakasih atas perhatiannya yang telah menyempatkan membaca artikel ini,Semoga bermanfaat....
 


0 komentar:

Posting Komentar