Pages

Sabtu, 09 April 2016

Konsep Big Data dan Smart City : Mewujudkan Smart City di Pekanbaru, RIAU


Optimalisasi Potensi Lokal Dengan Pemanfaatan Big Data untuk Mewujudkan Smart City



Kota Pekanbaru merupakan ibukota provinsi Riau. Pekan baru memiliki luas wilayah yang lebih kurang sama dengan Jakarta. Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, tentunya dibutuhkan perkembangan yang pesat untuk memajukan kota Pekanbaru. Pengembangan kota Pekanbaru dicapai dengan 5 point berikut :
1.      Pembenahan Infrastruktur dasar. Untuk memajukan kota Pekanbaru, terdapat 3 infrastruktur dasar yang harus dibenahi dan dikembangkan yaitu transpotasi, listrik dam telekomunikasi.
2.      Pendekatan smart city. Pekanbaru melakukan pendekatan untuk mendorong kota menjadi smart city dengan pendekatan green city
3.      Melakukan pengembangan kawasan
4.      Pemberdayaan masyarakat
5. Pembentukan masyarakat berkualitas. Masyarakat berkualitas yang diharapkan adalah masyarakat yang sehat jasmani dan rohani, cerdas, terampil, memiliki nilai-nilai akhlak dan berkarakter.
Pemerintah kota Pekanbaru memiliki 3 sektor yang akan menjadi sektor utama dalam kota pekanbaru. Sektor tersebut adalah Sektor Industri, Perdagangan dan pariwisata. Untuk mewujudkan perkembangan yang pesat untuk kota pekanbaru, maka dibutuhkan terobosan baru. Salah satu terobosan yang dapat membantu kota Pekanbaru menjadi kota dengan perkembangan yang pesat adalah dengan menerapkan konsep Smart city.

0 komentar:

Posting Komentar