Pages

Jumat, 11 April 2014

Pengertian proses pada sistem operasi dan Istilah multiprogramming,multitasking dan computing

    Assalamualaikum wr.wb.
 
  
     Sebuah sistem operasi yang memiliki peranan sebagai wadah tempat program aplikasi ditempatkan memiliki pekerjaan yang tidak mudah,bahkan termasuk rumit.
Bayangkan bila kita membuka banyak aplikasi dan semuanya sedang berjalan,maka bagaimana suatu prosesor dapat mengerjakan proses-proses itu tanpa mengganggu proses lain ?
        Dari hal diatas,maka sebuah sistem operasi harus memiliki manajemen proses yang baik,sehingga pekerjaan yang banyak sekalipun dapat dikerjakan secara serempak,walaupun sebenarnya pekerjaan itu diproses secara bergantian dalam prosesor. 

- Pengertian Proses pada Sistem Operasi
  • ¢Prosesadalahsebuah program yang sedang dieksekusi. Sedangkan program adalahkumpulaninstruksi yang dituliskedalambahasa yang dimengertisistemoperasi.  
  • ¢Proses berisi instruksi dan data. program counter dan semua register pemroses, dan stack berisi data sementara seperti parameter rutin, alamat pengiriman dan variabel-variabel lokal.
  • ¢Sistem operasi mengelola semua proses di sistem dan mengalokasikan sumber daya ke proses-proses sesuai kebijaksanaan untuk memenuhi sasaran sistem.
  •  
Istilah yang berkaitan dengan proses pada sebuah sistem operasi adalah :
 a. Multiprogramming (multitasking)
  • - Manajemen banyak proses pada satu pemroses. Istilah yang digunakan multiprogramming (multitasking) bukan multiprocessing.
  • - Program-program yang dijalankan sebenarnya bersifat:
  • - Saling tak bergantung (independen).
  • - Satu program pada satu saat (one program at any instant).
 
b. Multiprocessing
- Manajemen banyak proses di komputer multiprocessor (banyak pemroses didalamnya).
- Menggunakan komputer semaksimal mungkin dengan beberapa CPU sehingga beberapa program bisa dijalankan secara bersama-sama , masing-masing dengan menggunakan prosesornya sendiri-sendiri.  
 
c. Distributed processing/computing
- Manajemen banyak proses yang dieksekusi di banyak sistem komputer yang tersebar (terdistribusi).

Itulah beberapa penjelasan terkait proses dan manajemen yang dapa dilakukan cpu terhadap proses-proses itu sehigga dikenallah istilah seperi multi programing,multitasking dan computing yang kesemuanya itu termasuk manajemen proses yang dilakukan oleh sebuah sistem operasi....
   Terima kasih ya sudah membaca,, semoga ilmu yang ada bermanfaat bagi kita semua.. aamiin.....

 

0 komentar:

Posting Komentar