Pages

Selasa, 26 Agustus 2014

Apa Saja Berbagai Jenis Kualitas Gambar Pada Film




          Anda pasti pernah menonton film yg gambarnya penuh semut, tidak bersih dan jernih sehingga  mengganggu kenyamanan menonton anda, Dan anda pasti juga pernah menonton film yg gambar nya jernih sehingga membuat film tersa lebih nyata. Nah , jernih atau tidak nya film yg anda tonton bukan karena rusaknya file film anda, melainkan format film yang anda tonton berasal dari format yg bagus atau tidak. 
       Berikut adalah urutan kualitas gambar film  jika diurut dari yang kualitasnya terbaik, adalah sebagai berikut:
  1. BluRay/BRRip/BDRip
            Dengan resolusi jauh lebih besar yaitu 1920×1080 atau 1280×720 (tergantung filenya). Konsekuensinya, file jadi besar dan memutarnya juga berat, sehingga diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga. kalau tidak nanti jadi patah-patah. Kualitas ini jauh lebih baik dari DVDRip.
  1. WEB-DL
            Biasanya bersumber dari iTunes Store atau Web-web penyedia tayangan film/TV dengan kualitas baik. Biasanya WEB-DL memiliki kualitas lebih baik dari HDTV karena menggunakan DD 5.1, maka ukuran file-nya pun lebih besar dari HDTV. Di versi WEB-DL juga biasanya tidak terdapat logo TV / iklan berjalan dibawah layar seperti yang terdapat di versi HDTV
  1. HDTV(High Definition TV) / PDTV (Pure Digital TV)
            Film jenis ini direkam melalui jaringan TV digital dengan menggunakan Tv Tuner yang mendukung format digital. Kualitasnya sangat baik, biasanya di encode dalam format xvid.
  1. DVDrip
            yaitu merupakan salinan dari DVD Original. Kualitas gambar dan suaranya baik sekali. DVDRip akan ada jika DVD Originalnya telah ada di pasaran. Bisa mendukung maksimal 720×480 atau 720×576.
  1. WEBrip
            Ripper dari Bluray. Kualitasnya jauh lebih bagus dari DVDRip namun membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi pula . Jika hardware komputer (VGA dan lain-lain) tidak memadai maka film akan terlihat patah-patah.
  1. HDCAM
                  Adalah rekaman dilakukan dengan kamera video digital. tripod kadang-kadang digunakan, atau tidak sehingga membuat kamera goyang. Kualitas mengerikan.

7.               7. CAM
              Kualitas jenis ini adalah  hasil dari rekaman camera digital, langsung di bioskop sehingga kadang penonton yang lalu lalang ikut terekam. Rekaman kualitas ini biasanya menggunakan mini tripod sehingga sering terdapat sedikit goncangan. Kualitas video ini sangat jelek.

2 komentar: