Pages

Sabtu, 13 September 2014

Apa itu Software dan Macam-macam Software

Pengertian Software dan Macam-macam Software
 
software image
computer software
Software atau perangkat lunak merupakan sekumpulan data yang diformat dan disimpan secara digital yang akan dijalankan pada sebuah perangkat teknologi seperti computer dan gadget. Sebuah software biasa kita kenal dengan program ditujukan untuk mengolah perintah dan masalah yang kita inputkan pada sebuah perangkat teknologi.
Sebuah system yang mengatur kerja dari sebuah alat pasti disisipi oleh program. Program inilah yang mengatur dan membagi perintah pada perangkat keras sehingga mampu dijalankan dan beroperasi. Software menurut penggunaan dan fungsinya dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya:

-           Operating Sistem Software (Sistem Operasi)

 Sistem operasi merupakan perangkat lunak atau program yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi – operasi dasar system. Dengan kata lain,operating system /OS ini bertugas sebagai pengendali dasar dari berjalannya semua program yang ada dalam sebuah perangkat teknologi,yan paling umum adalah komputer dan mobile.
 

-          Application software ( Perangkat lunak aplikasi)

             Program aplikasi merupakan sebuah program siap pakai yang dirancang untuk menangani satu permasalahan secara spesifik saja. Dengan kata lain program aplikasi dapat dikatakan sebagai spesialis dalam bidang tertentu.
            Suatu OS melekat sebagai dasr pada computer,sedangkan Aplication software akan melekat pada OS. Tentu kita lebih mengenal aplikasi program ini sebagai sebuah program dengan fungsi tertentunya.  

-          Utility Software 

                    Utility software merupakan jenis program yang memiliki fungsi untuk membantu pengguna dalam menganalisa,mengkonfigurasikan,mengoptimalkan kerja koputer dan memelihara system computer. Perancangan program ini memang khusus untuk menyelesaikan permasalahan kecil dalam system computer yang sangat mengganggu.    
                    Program ini mengerjakan pekerjaan maintenance pada sebuah computer. Namun ada juga program utility yang dirancang dengan fungsi all in one sehingga memiliki berbagai software utilitas dalam satu program.
 
-          Database Software (Perangkat lunak Data)

                Disaat sekarang pengumpulan data secara manual sungguh akan merepotkan, apalagi bila menyangkut data yang besar seperti data karyawan,data perusahaan bahkan data global. Seiring dengan ditemukannya perangkat teknologi seperti computer,pengolahan data menjadi tidak sebegitu rumit. Software pengolah data juga telah banyak diluncurkan. 

0 komentar:

Posting Komentar