Pages

Rabu, 15 Oktober 2014

Faktor Pentingnya Keamanan Informasi : Mengapa informasi Digital Perlu Di beri Proteksi ?

Memasuki era digital,segala macam hal disimpan dalam bentuk digital dan kini telah disimpan dalam sebuah drive penyimpanan yang selalu terhubung dengan dunia maya....       

 Mengapa Informasi Digital Perlu di Lindungi ?

      Masalah keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi. Sayang sekali masalah keamanan ini sering kali kurang mendapat perhatian dari para pemilik dan pengelola sistem informasi.
        Informasi saat ini sudah menjadi sebuah komoditi yang sangat penting. Penggunaan komputer untuk menyimpan informasi yang sifatnya classified baru dilakukan di sekitar tahun 1950-an.
        Sangat pentingnya nilai sebuah informasi menyebabkan seringkali informasi penting hanya boleh diakses oleh orang-orang tertentu. '
 
Perlindungan informasi
Keamanan Informasi

Contoh Kasus 

Kita dapat ilustrasikan mengapa informasi penting harus dijaga dan diproteksi dengan baik. Sebagai contoh :
         Jatuhnya informasi ke tangan pihak lain (misalnya pihak lawan bisnis) dapat menimbulkan kerugian bagi pemilik informasi. Pada banyak kasusu,  banyak informasi dalam sebuah perusahaan yang hanya diperbolehkan diketahui oleh orang-orang tertentu di dalam perusahaan tersebut, seperti misalnya informasi tentang produk yang sedang dalam development, algoritma-algoritma dan teknik-teknik yang digunakan untuk menghasilkan produk tersebut. Untuk itu keamanan dari sistem informasi yang digunakan harus terjamin dalam batas yang dapat diterima.

Pentingnya Keamana Informasi

        Penemuan jaringan komputer, seperti LAN dan Internet, memungkinkan untuk menyediakan informasi secara cepat. Ini salah satu alasan perusahaan atau organisasi mulai berbondong-bondong membuat LAN untuk sistem informasinya dan menghubungkan LAN tersebut ke Internet.
      Terhubungnya LAN atau komputer ke Internet membuka potensi adanya lubang keamanan (security hole) yang tadinya bisa ditutupi dengan mekanisme keamanan secara fisik. 
         Ini sesuai dengan pendapat bahwa kemudahan (kenyamanan) mengakses informasi berbanding terbalik dengan tingkat keamanan sistem informasi itu sendiri. Semakin tinggi tingkat keamanan, semakin sulit (tidak nyaman) untuk mengakses informasi.

 G. J. Simons menyatakan bahwa keamanan informasi adalah bagaimana kita dapat mencegah penipuan (cheating) atau, paling tidak, mendeteksi adanya penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi, dimana informasinya sendiri tidak memiliki arti fisik.

Dari semua uraian diatas maka nampaklah bagaimana informasi itu penting untuk dilindungi,dan mengapa keamana informasi diperlukan. Karena setiap kita pasti memiliki informasi penting yang harus disimpan dan tidak diketahui oleh orang lain,,,
Sekian dulu pembahasan saya mengenai keamanan informasi, semga bermanfaat... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar