Pages

Jumat, 17 Oktober 2014

Inovasi Perusahaan Listrik Negara (PLN) Demi Memajukan Bangsa dan Melayani Rakyat Indonesia




                PLN atau Perusahaan Listrik Negara adalah sebuah perusahaan yang bernaung dibawah kendali negara dengan tugas menjamin ketersediaan energi berupa listrik yang mencukupi dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai sebuah perusahaan yang mengemban tugas dari negara dan mengabdi untuk kebutuhan masyarakat, PLN harus terus memberikan pelayanan dan ketersediaan listrik untuk masyarakat Indonesia. Namun, jika melihat kondisi wilayah geografis indonesia dan gaya hidup masyarakan dengan segala kekurangan dan kelebihannya dalam memanfaatkan energi, PLN dituntut untuk berinovasi menghadapi perubahan zaman yang mencakup perilaku masyarakat dalam mengonsumsi energi listrik.
                Kita ketahui bahwa masyarakat indonesia memiliki kebutuhan yang beragam dari segi pemakaian energinya. Ada kelompok masyarakat yang boros dan ada masyarakat yang hemat menggunakan energi listrik. Biasanya masyarakat yang boros berasal dari kalangan atas,yaitu kalangan yang memiliki kecukupan harta benda. Tentulah biaya yang harus dikeluarkannya per bulan bukan menjadi masalah. Namun bagaimana dengan kalangan yang begitu memperhatikan penggunaan listriknya dengan tujuan menghemat pengeluaran dan pemakaian energi listrik ?
Alat pengukur penggunaan listrik lama masih menggunakan cara manual untuk mendapatkan data besaran pemakaian listrik suatu rumah per bulan. Seorang petugas akan mendatangi satu per satu rumah yang memiliki meteran listrik untuk mendapatkan angka pemakaian listrik yang tertera di meteran. Jika dulu mereka menggunakan kertas dan mencatat manual,maka sekarang mereka sudah beralih menggunakan kamera untuk menfoto setiap meteran rumah. Hal ini walaupun sudah mengalami kemajuan dari segi pencatatannya, namun cara yang digunakan masih sama yaitu dengan berjalan mendatangi satu per satu rumah warga dan mengambil data penggunaan listrik.   
Inovasi PLN
                Memasuki tahun 2014 ini, PLN berinovasi dengan menggunakan meteran listrik yang pembayarannya via pulsa elektrik.  Memang sangat efisien dan praktis,tapi timbul pertanyaan  bagaimana dengan pengguna meteran lama yang masih terpasang ?  Dari sinilah saya memberikan penilaian saya terhadap inovasi PLN. Penggunaan pulsa elektrik adalah terobosan PLN yang bertujuan memberikan kemudahan pada para pengguna listrik, namun belum saya lihat adanya pemerataan penggunaan inovasi ini untuk semua pelanggan PLN. Dengan inovasi baru ini, PLN seharusnya memberikan sosialisasi dan menfasilitasi pelayanan terhadap pelanggan lama yang ingin menggantikan meterannya dengan meteran pulsa elektrik. Akan lebih baik jika PLN menyediakan jasa penggantian meteran secara cuma- cuma.  Karena jika memandang kedepan, inovasi meteran dengan pulsa elektrik nantinya akan dapat berkembang pesat seperti : Pembelian pulsa online melalui e-banking ,pendaftaran pemasangan via internet dan pelayanan pengaduan masyarakat via internet.
Bayangkan jika meteran dengan pulsa elektrik telah digunakan semua pelanggan PLN, maka PLN sudah membantu Indonesia dan masyarakatnya untuk berkembang menjadi negara yang lebih maju dengan masyarakatnya yang modern dalam berbagai kemudahan ketika melakukan kegiatan rutinnya yaitu pembelian pulsa listrik sehingga setiap kebutuhan dapat terpenuhi dengan cepat dan tepat. Keuntungan yang didapat oleh PLN diantaranya :
  1. Pelayanan lebih mudah karena proses dapat dilakukan via internet
  2. Pelanggan dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dengan lebih mudah
  3. Tidak perlu lagi dilakukan pemutusan listrik paksa karena meteran pulsa akan otomatis mati jika pulsanya habis.
  4. Tidak terjadi lagi kesalahan pembayaran untuk besar pembayaran listrik karena kesalahan petugas/ human error
  5. Tidak ada pelanggan yang merasa dirugikan karena besarnya pulsa yang dibeli = banyaknya pemakaian listrik yang digunakan
  6. Pengaduan terhadap PLN akan berkurang
Itulah beberapa keuntungan dari materan pulsa elektrik yang diterapkan PLN. Saya berharap tulisan di blog ini dapat membantu PLN untuk memberikan pelayanan yang sesuai harapan masyarakat dan inovasi yang terus mempemudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya akan energi listrik.

1 komentar:

  1. Ide tulisannya bagus,,,, Perkenalkan saya, Idrus Dama
    Blogger Muslim Gorontalo
    www.cahayapena.com

    BalasHapus