Pages

Minggu, 19 Januari 2014

MST(Minimum Spaning Tree) dan Prinsip algoritma Dijkstra dan Algoritma Prim's

Asslamualaikum pembaca yang telah menyempatan diri mengunjungi halaman ini......

Kali ini,saya akan  membagi sedikit pengetahuan saya tentang pemahaman prinsip kerja algoritma dijkstra dan prim's untuk mencari lintasan terpendek .

Lintasan terpendek (Minimum Spaig Tree/MST) merupakan keadaan minimum yang didapat dari sebuah graf/tree/lintasan yang memiliki harga,bobot atau jarak.
    MST akan menghasilkan harga terkecil,biaya termurah,ataupun lintasan terpendek dari suatu masalah yang kita hadapi. Hal ini bertujuan untuk mengefisienka kerja kita dan menghemat daya/dana yang digunakan.
    MST sering digunakan untuk mencari litasan jaringan komputer terpendek,Susunan pekerjaan proyek berdasarkan waktu tersingkat dll.

    MST dapat dipecahkan dengan mengguakan 2 buah algoritma yaitu Algoritma Dijkstra dan Algoritma Prim's. Sekarang saya akan menjelaskan prinsip dasar kerja ke-2 algoritma ini...

1. Algoritma dijkstra :
- pada algoritma ini,kita akan menandai titik-titik/vertex yang memiliki lintasan terpendek/minimum,dengan syarat setiap vertexs yan terhubung tidak boleh membentuk siklus/circle.
Algoritma akan berhenti jika semua vertex telah terhubung/terkunjungi oleh lintasan.

2. Algoritma Prim.s :
-  pada algoritma ini,terlebih dahulu menentukan nilai minimum dan menghubungkan 2 verteks dengan nilai minimum itu. Kemudian,dilihat litasan2 yag terhubung dengan 2 buah titik yang telah terpilih, Pemilihan titik berikutnya didasarkan atas jarak yang lebih pedek.
Algoritma ini berhentia apabila semua vertex telah terhubung/terkunjungi oleh lintasan.

Sekian dulu bahasan saya mengenai prinsip kerja algoritma dalam mencari MST.
Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar