Pages

Sabtu, 11 Januari 2014

Teknologi baca,tulis,hapus pada optikal disk

sebuah data tidak bisa langsung disimpan kedalam optikal disk. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya proses baca,tulis dan hapus pada optikal disk.
Nah,berikut ini adalah beberapa teknologi yang diterapkan pada jenis2 optikal disk ,diantaranya :


1. Teknologi CD

Teknologi optik yang digunakan untuk sistem CD didasarkan pada sumber sinar laser. Berkas laser yang diarahkan kepermukaan disk yang berputar. Lekukan fisik pada permukaan diatur sepanjang track disk. Lekukan tersebut merefleksikan berkas terfokus ke fotodetector, yang mendeteksi pola biner yang tersimpan. Selanjutnya data dituliskan dengan prinsip optical disc.

2. Teknologi DVD


  Ukuran fisik disk dvd sama dengan cd. Disk tersebut memiliki ketebalan 1,2 m. dan diameter 120mm. kapasitas penyimpanannya dibuat lebih  besar dari pada cd dengan beberapa perubahan desain,yaitu:
1. laser sinar merahbdenagn panjang gelombang 635   mm digunakan sebagai piranti laser sinar   inframerah bdalam cd. Yang memiliki panjang   gelombang 780nm. Panjang gelombang yang   lebih pendek memungkinkannya untuk   memfokuskan sinar ketitik yang lebih kecil.
2. Pit lebih kecil, dangan panjang minimum 0,4 mikron.
3. Track diletakkan lebih berdekatan; jarak antara track   0,74 mikron.

3. Teknologi Blu-Ray

   Teknologi blu-ray menggunakan sinar laser biru. Blu-ray disc menggunakan ultra-short dengan panjang gelombang laser 405 nanometer, dimana lebih kecil dari pada DVD yang mencapai 650 nanometer. Dengan begitu, maka bisa menyorot objek dengan presisi lebih tinggi.
  Hasilnya, data bisa diikat dengan lebih ketat dan disimpan di ruang yang lebih kecil. Inilah yang membuat BD mampu menyimpan lebih banyak data meskipun ukuran disknya sama dengan CD atau DVD.
  
Itu dia beberapa teknologi yang ada pada beberapa jenis optikal disk. Teknologi ini yang membuat sebuah data dapat masuk kedalam piringan optikan disk.
Semoga bermanfaat........ 

0 komentar:

Posting Komentar